Belajar Sambil Bekerja

BELAJAR SAMBIL BEKERJA

 

Bagi kebanyakan orang, belajar ditempuh penuh waktu demikian pula dengan bekerja. Jadwal kerja yang padat menyebabkan tak ada waktu tersisa untuk belajar formil. Namun, jika tersedia peluang untuk menempuh bangku kuliah, tidak ada salahnya bekerja sambil belajar. Dengan manajemen waktu yang baik serta beberapa tips, keduanya dapat menghasilkan manfaat maksimal.

Pertama, tentukan dulu komitmen, bahwa studi harus selesai. Dengan demikian, sesibuk apapun di tempat kerja tidak boleh menyurutkan niat untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan demi nilai yang membanggakan.

Kedua, pintar-pintarlah menjaga komunikasi di tempat kerja. Jika jadwal kuliah belum pasti sementara program kerja telah tersusun, diperlukan pengertian dari tempat kerja untuk mengganti shift atau jadwal yang tidak merugikan perkuliahan. Namun, ada kalanya proyek penting di tempat kerja tak dapat ditinggalkan. Untuk itu, aturlah strategi agar mata kuliah yang diambil bervariasi beban kesulitannya. Bacalah silabus atau deskripsi mata kuliah di awal semester agar mata kuliah yang dipilih dapat dikuasai sambil bekerja. Dengan komunikasi yang menawan, rekan kerja pun akan dengan senang hati bekerja sama dan hasilnya pekerjaan kantor Andapun segera terselesaikan.

Ketiga, walau terkenal supel dan berwawasan luas, tidak bijak jika Anda terlalu sering hang-out atau pergi ke club sehabis kerja. Sebaiknya, waktu yang ada harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membaca literature atau bahan-bahan kuliah di minggu-minggu berikutnya. Bayangkan teman-teman lain yang punya waktu lebih banyak sehabis kuliah untuk belajar sementara Anda harus berkutat dengan seabrek laporan dan kejaran deadline di tempat kerja. Oleh karena itu, waktu sepulang kerja adalah waktu emas yang Anda harus jaga untuk belajar. Bersosialisasi dapat tetap dilakukan pada hari Minggu atau pada masa-masa liburan kuliah. Ajaklah rekan kerja untuk berjalan-jalan ke luar kota atau sekedar makan di tempat yang unik. Gunakan kartu mahasiswa Anda untuk mendapatkan harga spesial pelajar.

Keempat, tengoklah peluang untuk karir yang lebih baik setelah lulus. Sambil menelusuri teori-teori perkuliahan, refleksikan sejenak apakah pekerjaan yang Anda lakoni telah menawarkan kestabilan finansial juga tantangan aktualisasi keilmuan. Jika pekerjaan Anda sekarang hanya memenuhi salah satunya, sebaiknya carilah peluang lain sembari Anda memoles kemampuan akademik. Tak jarang tawaran datang sebelum hari wisuda usai. Manfaatkanlah jejaring di kampus, baik sesama mahasiswa maupun dosen yang kerap melibatkan mahasiswa untuk penelitian maupun proyek lepas. Konduite yang baik serta kemampuan yang optimal akan membuat Anda dikenal dan diingat orang.

 

 

11 Tips Bekerja Sambil Belajar

  Rancang kerja anda sebaiknya. Periksa dan catat tarikh akhir (deadline) bagi tugasan pejabat serta pengajian lebih awal dan letakkan ia di tempat yang dapat dilihat.

  Gunakan masa dengan sebaiknya. Anda mungkin boleh membaca atau mendengar semula rakaman kuliah ketika menaiki tren daripada hanya melihat gelagat penumpang lain ketika menunggu untuk tiba ke destinasi.

  Pastikan semuanya dilakukan secara seimbang. Bekerja sambil belajar sememangnya memenatkan. Makan dengan teratur, bersenam, dapatkan rehat secukupnya dan jika berpeluang, teruskan aktiviti sosial anda.

  Jika anda mempunyai masalah untuk menepati tarikh akhir atau tiba-tiba terjadi masalah keluarga dan kerja, beritahu kepada pensyarah anda lebih awal. Mereka juga manusia dan tentu mereka memahami beban anda untuk melakukan dua perkara ini serentak.

  Sentiasa ingatkan diri anda apa kebaikan pengajian yang anda ikuti itu untuk masa depan anda. Dapatkan sebab yang kukuh untuk mengikuti kursus yang anda pilih. Jika alasan atau sebab anda menyambung pengajian itu lemah, ia mampu mengganggu motivasi anda untuk menghadapinya.

  Beritahu ketua atau majikan anda mengenai pengajian anda. Menyambung pengajian menunjukkan anda serius mengenai pembangunan diri sebagai seorang individu.

  Ada ramai penuntut dewasa yang mengikuti pengajian separuh masa. Anda seharusnya melihat ini sebagai peluang untuk mengembangkan jaringan kenalan.

  Wujudkan tempat bekerja yang dapat membuatkan anda berasa selesa. Gunakan apa-apa kaedah yang membantu anda untuk fokus, contohnya jadual, kata-kata semangat yang ditampal di dinding, tulisan dengan pen berwarna-warni, peta minda atau bungaan di meja kerja anda.

  Cari tempoh waktu terbaik untuk anda belajar atau mengulangkaji. Segelintir individu lebih gemar memilih waktu awal pagi.

 

 

 

 

SUMBER  :

 

http://cintadearhaniey.wordpress.com/2007/10/09/11-tip-bekerja-sambil-belajar/

http://risa.blog.binusian.org/2009/02/01/bekerja-sambil-belajar-solusi-jitu-untuk-perkembangan-karir/

www.studentnet.manchester.ac.uk

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: